logo blog

6 Cara Menjadi Blogger yang Baik dan Profesional

Sumber: Bimoaji dot com
E-Cardie - Sekarang ini kita hidup di era informasi, begitulah orang menyebutnya. Informasi dapat kita akses dan dapatkan dengan mudahnya, dari sumber manapun yang kita inginkan. Jika dahulu informasi terbatas pada lembaran majalah dan koran, kini dengan online informasi sudah berada di genggaman tangan.

Blog atau website merupakan salah satu sumber atau media informasi yang sangat mudah diakses oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun, selagi terkoneksi dengan internet. Dan tentu saja, kita pun bisa menjadi bagian dari sumber atau si pemberi informasi melalui blog. Kita tinggal memilih, menjadi kontributor informasi di blog orang, atau blog milik sendiri.

Berbagi informasi dengan menjadi kontributor di blog orang memang praktis. Namun, rasanya tidak menggigit. Berbeda ketika kita menjadi kontributor sekaligus pemilik blog (blogger) yang kita kelola. Akan ada sensasi dan kebanggaan tersendiri atas hal itu.

Tetapi menjadi blogger bukan hal mudah. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Salah satu tantangan utamanya ialah etika. Hal ini berkenaan tentang bagaimana menjadi blogger yang baik. Tantangan selanjutnya ialah keahlian dan kompetensi. Hal ini berkaitan tentang bagaimana menjadi blogger yang profesional. 

Jika kita ingin menjadi penyaji informasi sebagai seorang blogger yang bijaksana, adalah wajib bagi kita untuk memenuhi kedua unsur tersebut. Kedua unsur itu akan menjadikan blog kita memiliki kualitas yang bagus, memiliki daya pikat dan kepercayaan oleh para pembacanya. Tentu kita menginginkan hal demikian.

Berikut ini, saya akan menyajikan informasi tentang kiat atau cara menjadi blogger yang baik dan profesional. Informasi ini diambil berdasarkan riset dan pengamatan seputar blog sebagai media informasi. Berikut penjelasannya:

>> Diawali dengan Domain yang Tepat
Cara pertama yang harus dilakukan ialah menentukan nama atau domain blog yang tepat. Setidaknya, domain bisa dikatakan tepat apabila nama tidak mengandung unsur negatif, dan nama domain relevan dengan topik artikel yang akan disajikan nantinya. Sebaiknya nama domain tidak mengandung unsur SARA yang dikhawatirkan menyinggung sebagian kalangan.

Perihal kriteria kedua, alangkah baiknya nama domain yang dipilih kelak akan mewakili topik informasi yang hendak disajikan. Misalnya, nama domain blognya kuliner dot com, tetapi artikel atau informasi yang disajikan bertemakan travel, fashion, lifestyle, teknologi, dan tema lainnya yang tidak relevan dengan kuliner.

>> Blog yang Stabil
Memastikan blog tetap stabil merupakan cara berikutnya menjadi blogger yang profesional. Hal ini berkaitan dengan kepuasan viewers (pembaca) dan followers (pengikut) blog. Sebagian besar pembaca lebih suka dengan blog yang memiliki tampilan simpel, bagus, dan juga stabil (akses tidak berat).

Bayangkan saja, viewers yang ingin sesegera mungkin membaca informasi di blog kita, terkendala stabilitas blog yang buruk. Mungkin saja, akibat tidak stabilnya blog kita, mereka akan menutup laman dan mencari informasi di blog lain yang lebih ringan dan cepat dalam menampilkan informasi secara menyeluruh.

Nah, khusus satu ini, kita bisa mengantisipasinya dengan cara memanfaatkan layanan Cloud Hosting Indonesia. Layanan ini merupakan tipe web hosting yang memakai berbagai macam server guna menyetabilkan load dan mengoptimalkan uptime. Ringkasnya, jika satu server mengalami kendala, server lainnya akan tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Berkaitan dengan layanan tersebut, kita sudah tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang sudah banyak penyedia layanan hosting murah terbaik yang bisa kita nikmati. Tentu saja, blog atau website yang menggunakan hosting akan sangat berbeda dengan blog tanpa hosting, dari segi kualitas dan kecepatan.

>> Informasi yang Benar dan Bermanfaat
Ada satu rumus aplikatif yang harus diterapkan oleh para blogger guna menjadi blogger yang baik. Rumusnya, bagikan informasi yang ‘benar dan berguna (kebaikan)’. Satu unsur saja tidak terpenuhi, sebaiknya tidak dibagikan. Misalnya, kita mengetahui fakta tentang perselingkuhan selebriti, jangan terburu-buru membuat narasi berita lalu mempublish di blog kita. Perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sisi kebermanfaatannya. Memang benar, itu fakta. Tapi jika informasi tersebut tidak bermanfaat, atau justru akan mendatangkan hal yang kurang baik, maka informasi semacam itu tidak perlu dipublikasikan. 

>> Menjaga HAKI
Hargailah karya orang lain, begitulah cara menjadi blogger yang baik dan profesional. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) perlu kita hormati dan junjung tinggi. Tidak etis bagi siapapun mengabaikan hal tersebut, termasuk blogger. Adakalanya, blogger membutuhkan informasi tambahan dengan cara ‘mengutip langsung’ informasi dari blog lain. Perbuatan semacam itu tidak dilarang, asalkan kita bijak dengan menyertakan sumber rujukan darimana informasi itu kita ambil.

>> Informasi yang Up to Date
Blogger yang baik tidak sekedar rutin mempublikasi konten, melainkan konten yang disajikan juga up to date atau kekinian. Sebagian besar, viewers mencari informasi-informasi yang selain menarik, juga terbaru. Nah, ini bisa menjadi nilai tersendiri bagi blogger yang terampil memanfaatkan momentum berita kekinian (viral) yang selanjutnya dirangkum dan disajikan dalam bentuk informasi yang memikat viewers. Lagi, tetap perlu diperhatikan dari segi kebermanfaatannya ya!

>> Promosi Sewajarnya
Pembaca yang budiman, blogger akan selalu berkaitan dengan promosi. Ya, tentang bagaimana memperkenalkan blog guna mengingkatkan jumlah pengunjung dan popularitas. Strateginya ialah gencar promosi ke berbagai sektor, baik melalui search console maupun sosial media.

Perlu diperhatikan pada sektor sosial media. Promosi memperkenalkan blog kita dengan cara membagikan tautan blog ke khalayak itu baik, tapi jika berlebihan justru tidak baik, bahkan membuat orang jadi illfeel. Titik tekannya ada pada kualitas tautan yang kita bagikan, bukan kuantitasnya.

Para pembaca yang budiman, itulah sajian informasi singkat dari saya seputar cara menjadi blogger yang baik dan profesional. Semoga artikel ini memiliki nilai kebermanfaatan bagi kita semua.

Share this