logo blog

Hobi Desain? Pelajari Teknik Edit Gambar Berikut Ini


Edit gambar dilakukan agar tampilan gambar lebih bagus dan menarik dilihat. Inilah mengapa kemampuan editing wajib dikuasai oleh seorang editor untuk menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi. Namun, cara dalam melakukan editing gambar tidaklah mudah. Diperlukan beberapa teknik untuk mengubah kekurangan gambar menjadi normal kembali, atau bisa juga dengan menutupi kekurangan tersebut melalui teknik lain. 

Kini, banyak sekali bermunculan berbagai media edit gambar dengan fitur yang berbeda. Fitur ini dinilai mampu memudahkan dalam proses editing. Namun, sebelum melakukan editing, ada beberapa hal yang wajib diketahui agar gambar yang dihasilkan bisa memuaskan mata orang yang menikmati, diantaranya:

1. Memahami cropping (memotong gambar agar terlihat pada bagian tertentu saja)
Teknik ini merupakan keahlian paling dasar dan mudah. Tujuan teknik ini adalah menampilkan atau fokus gambar yang dituju. Misalnya, pada saat mengambil gambar namun ada sisi lain yang  ikut terambil, maka bisa dilakukan cropping. Sehingga, bisa lebih fokus pada objek yang dituju. 

Selain cropping, ada juga rule of thirds yang berfungsi menempatkan objek pada titik persimpangan dari garis pandu frame.

2. Rotate (Memutar gambar beberapa derajat sesuai dengan kebutuhan)
Rotate atau memutar adalah suatu teknik yang digunakan jika ada kesalahan saat pengambilan gambar, seperti terlihat miring atau tidak sesuai dengan maksud dan tujuan awal. Oleh karena itu, rotate mampu mengetahui tampilan perspektif dengan cara menghilangkan distraksi pengambilan gambar yang salah. 
loading...

Tips yang digunakan bisa dilakukan adalah menggunakan grid agar gambar lebih presisi dan lakukan cropping untuk framing. Tidak hanya itu, seiring dengan berkembangnya seni, rotate bisa dikembangkan lebih kreatif lagi, yakni menjadikan hasil gambar menjadi lebih unik dan menarik melalui penambahan cara edit kemiringan yang disengaja dengan tambahan variasi lainnya.

3. Menerapkan layers penyesuaian dan masks
Layer adalah kanvas yang memiliki mask, biasanya berbentuk boks putih untuk mengontrol tingkat visibility dari layer penyesuaiannya. Layer penyesuaian bertujuan untuk mengubah level kontras, kecerahan, warna, hingga ketajaman gambar. 

Penggunaannya sederhana, lakukan dropping gambar yang akan di edit kedalam kanvas layer yang masih kosong dan sesuaikan ukurannya dengan kanvas. Jika sudah pas, bisa dilakukan pengeditan sesuai dengan keinginan. Namun, jika hasil pengeditan dirasa kurang menarik, user bisa menghapus hasil editan tersebut tanpa kehilangan gambar awal. 

4. Mengetahui warna dan mengatur saturation
Dalam melakukan pengambilan gambar, diperlukan kondisi pencahayaan yang cukup untuk membuat gambar kelihatan lebih tajam dan menarik, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, tidak selalu keadaan pencahayaan di lingkungan selalu stabil sesuai keinginan user. Sehingga, terkadang hasil gambar tidak sesuai dengan keinginan. Seperti terlalu cerah, terlalu gelap atau blur. 

Oleh karena itu, kemampuan edit saturation dibutuhkan untuk penyesuaian cahaya, seperti fitur Auto Color Correction, level (RGB Channels), Hue/saturation hingga filter foto. Semua fungsi tersebut berbeda dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

5. Mempertajam tampilan gambar
Dalam melakukan proses editing, bagian akhir selalu menggunakan penajaman (sharpening) objek atau tulisan yang seharusnya terlihat jelas. Hal tersebut bisa terjadi karena pada saat metode pegeditan, mengakibatkan gambar menjadi terlihat tidak jelas atau blur. Oleh karena itu, penajaman foto membuat kontras menjadi meningkat dan foto menjadi terlihat berbeda dari gambar awal. 

Itu tadi adalah beberapa teknik-teknik dasar dalam edit gambar yang wajib diketahui untuk pemula yang masih awam dalam melakukan editing. Beberapa teknik di atas perlu dikuasai agar gambar yang dihasilkan mampu disajikan sesuai dengan keinginan dan menarik untuk dilihat semua kalangan masyarakat.

Share this