logo blog

Ketahui Cara Tepat Untuk Merawat Motor Matic Terbaru Agar Awet


Matic terbaru menjadi motor favorit saat ini. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang mengendarai motor matic di jalanan. Mulai dari perempuan hingga pria, usia muda atau dewasa, semuanya lebih memilih jenis motor matic daripada jenis motor lainnya.

Motor dengan jenis ini juga sudah dipasarkan oleh beragam merk yang ada. Mereka belomba-lomba untuk menciptakan produk yang bagus dan berkualitas agar bisa merebut hati para konsumen. Akhirnya banyak pula yang tertarik untuk membeli dan mengendarai matic terbaru tersebut.

Namun sayangnya banyak pula yang masih kurang peduli dengan perawatan motor matic. Tentunya setiap sepeda motor baik yang baru atau bekas, perlu diberikan perawatan agar kendaraan bisa terus awet. Jadi, jika Anda adalah salah satu pengguna motor matic, juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara tepat untuk merawat motor matic Anda. Ini dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor di rumah:

1. Rutin memanaskan mesin motor
Walaupun terlihat sepele, namun memanaskan mesin motor ini ternyata bisa membantu mesin tetap awet. Fungsi dari memanaskan mesin yaitu agar oli yang ada bisa siap untuk melumasi mesin sehingga peformanya menjadi lebih optimal. 

Anda bisa memanaskan motor matic kurang lebih selama 5 menit hingga 10 menit dan disarankan untuk memakai kick stater. Jika Anda menggunakan starter elektrik maka akan mengurangi lebih banyak baterai dari motor matic kesayangan Anda.

2. Mengganti oli secara rutin
Mengganti oli juga menjadi salah satu perawatan yang sangat penting. Anda perlu untuk melakukan penggantian oli sesua dengan jadwalnya, biasanya oli diganti setiap 1000 km, sedangkan untuk oli transmisi motor atau oli gardan bisa diganti maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km.

Namun jika Anda merasa kesulitan menghitung acuan kilometer yang ada, lebih baik lakukan perawatan rutin setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Selain itu, pilih juga oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic milik Anda.

3.  Hindari kehabisan bensin
Ketika motor matic kesayangan Anda kehabisan bensin, maka dapat merusak mesin motor tersebut. Maka dari itu, hindari kebiasaan motor kehabisan bensin. Lebih baik sebelum Anda gunakan untuk berkendara, isi terlebih dahulu bahan bakar hingga full untuk antisipasi hal tersebut. Usahakan pula speedometer motor Anda tidak menunjukkan indikator E. 

4. Mengecek kondisi vanbelt dan roler
Tips selanjutnya untuk merawat motor matic Anda adalah dengan memeriksa kondisi vanbelt. Hal ini tidak boleh ditinggalkan bagi para pengguna motor matic. Bahan dari vanbelt ini terbuat dari karet, ditakutkan nantinya vanbelt ini akan putus di tengah jalan. Akibatnya motor akan berhenti dan tidak bisa digunakan untuk berkendara lagi. 

Maka dari itu, Anda bisa terus mengecek kondisi dari vanbelt ini dan mengganti secara berkala. Jangan lupa untuk memilih suku cadang asli agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan motor Anda juga dijamin lebih awet.

5. Perawatan AKI
Kebanyakan para pengguna motor matic pernah mengalami yang namanya mati AKI. Ini disebabkan karena bukan hal yang mudah untuk mengerti bagaimana kondisi dari aki yang ada pada motor ini. 

Ketika mati aki, maka Anda akan kehilangan power pada motor dan cahaya lampu motor semakin lama juga semakin berkurang. Hal yang paling menyusahkan lainnya yaitu ketika mati aki. Dimana Anda harus menghidupkan motor dengan memakai kick starter yang membuat Anda harus mengeluarkan banyak tenaga. Maka dari itu, lebih baik Anda mengganti aki motor sekitar 7 hingga 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Merawat motor matic memang bukanlah hal yang susah selama Anda mengetahui cara-caranya. Memang mengendarai motor matic membuat perjalanan semakin nyaman, apalagi jika Anda memiliki sepeda motor matic terbaru.

Share this