logo blog

Panduan Lengkap Membuat Nasi Tim Ayam Tinggi Nutrisi Untuk Buah Hati

Selama enam bulan penuh bunda memberikan ASI eksklusif maupun susu formula kepada si kecil yang baru lahir. Selama itu pula pencernaannya kian bertambah kuat dan berkembang. Sehingga dimungkinkan bayi yang sudah berusia enam bulan ke atas, bisa mencerna makanan yang bertekstur dan padat. 

Umumnya dokter merekomendasikan, MPASI sudah bisa diberikan kepada bayi usia enam bulan. Tetapi, biasanya bunda tidak sabaran dan memberikan MPASI lebih awal agar si kecil lebih cepat terbiasa dengan makanan bertekstur sekaligus belajar mengunyah.

MPASI sebagai penunjang ASI harus benar-benar diperhatikan oleh ayah dan bunda. Mengingat gerak si kecil semakin aktif, energi yang dibutuhkan pun semakin banyak. Sehingga pemberian ASI atau susu formula dan juga MPASI akan mendukung kesehatan dan memberikan energi yang cukup untuk si kecil beraktivitas.
loading...

Nah, biasanya bunda kebingungan memberikan MPASI yang cocok untuk buah hatinya. Belum lagi jika si kecil ternyata tidak suka dengan menu yang disajikan.Endingnya, bunda galau cara mengatasi si kecil yang kurang lahap makan.

Kurang lahapnya si kecil makan, biasanya disebabkan oleh rasa makanan yang kurang berasa. Nah, sebagai solusinya bunda bisa mencoba untuk memberikan MPASI yang selain nutrisinya kompleks, juga berasa.

Nasi tim ayam, bisa menjadi salah satu menu untuk buah hati di rumah. Ayam dikenal tinggi nutrisi, dan juga rasanya yang enak. Apalagi ditambah dengan sayu dan bahan berkualitas lainnya, akan semakin kompleks nutrisinya. Lalu bagaimana cara membuat nasi tim ayam yang cocok untuk sang buah hati? Yukk simak panduan lengkapnya di bawah ini:

Bahan-Bahan (Untuk 2 porsi)

  • 1 potong daging ayam
  • Dua genggam beras merah (Disarankan untuk direndam terlebih dahulu 5 jam sebelum dimasak)
  • 1 buah wortel berukuran sedang
  • 4 buah buncis
  • 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Keju secukupnya (Diparut)
  • 3 sdm susu formula
  • Daun seledri dan bawang secukupnya
Catatan: Keju sebagai suplai kalsium, juga menggantikan rasa asin, sehingga tidak perlu lagi ditambahi garam.

Panduan memasak

  • Pertama, ayam direbus dengan air secukupnya hingga matang dan tekstur dagingnya empuk. Jika sudah, angkat dan tiriskan sejenak. Berikutnya haluskan daging ayam tersebut. Untuk menghaluskan, bunda bisa menggunakan parutan keju.
  • Cuci bersih wortel dan buncis, kemudian dihaluskan (bisa dengan parutan).
  • Beras yang sudah direndam sebelumnya, bisa dibersikan ulang, kemudian dimasak dengan menggunakan kaldu ayam tadi. Setelah meresap dan hampir matang, masukkan wortel, buncis, dan sayuran lainnya tadi, plus daging ayam yang sudah dihaluskan sebelumnya.
  • Sesudah semua benar-benar matang, masukkan keju parut dan susu formula yang sudah disediakan. Aduk hingga rata.
  • Bagi bayi yang masih berusia 6 – 7 bulan, bisa dihaluskan lagi dengan saringan yang pas. Usia di atas itu bisa menyesuaikan kesanggupan bayi dalam mengunyah dan menelan. Jika si kecil sering ‘mau muntah’ sebagiknya nasi tim ayam dihaluskan lagi.

Nah bunda, demikianlah panduan lengkap membuat nasi tim ayam bernutrisi tinggi dan enak untuk buah hati. Meskipun saat ini sudah banyak penjual nasi tim atau bubur organik bayi. Alangkah baiknya para bunda menyiapkan sendiri MPASI tersebut di rumah. Selain karena kita bisa mengawasi dan memilih bahan-bahan pilihan berkualitas, itu juga akan memberikan kesan tersendiri bahwa bundalah yang memasak dengan cinta. 

Para hari-hari lain, bunda bisa menyesuaikan menu harian si kecil mengikuti menu harian bunda di rumah, agar tidak repot dua kali. Selain itu agar MPASI lebih variatif dan si kecil tidak bosan. Selamat mencoba ya, Bunda!

Share this